Sudut Hati

Dari hati yang tulus untuk memberikan yang terbaik

Trik Bawa Mobil Promo Raize, Agar Aman Saat Terjebak Banjir

Musim penghujan, memang menjadi kecemasan tersendiri bagi banyak pengguna kendaraan roda empat apalagi jika banjir melanda. Tak terkecuali pemilik seri SUV keluaran Toyota, yang dibeli melalui jalur promo Raize di lokasi terdekat. Jika tak tahu cara aman berkendara saat banjir, bisa-bisa mobil baru Anda malah rusak.

Banjir bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya mobil, apalagi jika kedalaman banjir sudah mencapai body bagian bawah. Jika tidak hati-hati, akan banyak komponen yang rusak dan membutuhkan biaya besar untuk diperbaiki. Tapi, dengan trik bawa mobil paling tepat maka kerusakan tersebut bisa diminimalisir.

6 Trik Pakai Raize Saat

Enam trik berikut ini, bisa diterapkan jika seandainya saat mengendarai Raize dibeli saat promo Raize Jakarta ternyata harus terjebak banjir. Intinya adalah jangan panik dan jangan pula salah trik ya!

  • Jaga Jarak Dengan Mobil Lain

Usahakan untuk menjaga jarak aman dengan mobil yang ada di depan dan di belakang. Ketika mobil depan berhasil menerjang banjir dan membelah air sampai pada area aman, maka Anda bisa mengikuti jalur buatan mobil tersebut.

Tapi, ketika mobil di depan malah mogok dan berhenti di tempatnya maka Anda tetap memiliki jarak aman untuk tidak ikut mogok.

  • Jangan Tekan Kopling

Pastikan untuk tidak menggunakan kopling ketika berada di tengah banjir, karena akan meminimalisir kemungkinan putaran mesin menjadi lebih cepat. Usahakan berada pada satu gigi saja secara konstan selama berada di area banjir, sampai keluar dan berada di posisi yang stabil.

Jika Anda memaksakan menekan kopling dan mengganti gigi lebih sering saat terjebak banjir, akan membuat potensi kopling terbakar akan besar. Gesekan antara putaran mesin dan air bisa menyebabkan percikan api.

  • Jalan Sesuai Arah Gelombang Air

Saat ada mobil yang nekat menempuh jalan di area banjir, akan menimbulkan gelombang air bergerak satu arah. Usahakan untuk mengikuti arah gelombang tersebut, supaya kemungkinan air masuk ke area mesin akan lebih kecil.

Sebab, gelombang air akan membuat debit banjir berada pada posisi terendahnya. Ketika diikuti, maka Anda akan mendapatkan posisi air lebih rendah dibandingkan area banjir di sekitar posisi mobil yang dikendarai.

  • Berjalan Dengan Gas Pendek

Ada yang bilang kalau menekan gas sedalam-dalamnya ketika bencana itu terjadi akan menjadi solusi agar bisa lebih cepat sampai ke jalanan bebas air tergenang. Padahal itu sangat salah, karena hanya akan memaksimalkan daya hisap dari udara mesin dan potensi masuknya air ke dalam mesin juga menjadi semakin tinggi.

Akan lebih baik jika Anda menekan gas pada posisi sangat rendah dan konstan. Supaya, air yang masuk bisa diminimalisir, kemudian kerusakan juga bisa dicegah.

Yang Harus Dilakukan Setelah Keluar Dari Area Banjir

Meskipun Anda baru saja membeli Raize pada dealer yang menyediakan promo Raize terbaru, jika mobil tersebut terkena banjir tetap saja potensi rusak sangat besar.

Jadi, ketika Anda sudah pakai trik di atas ketika berada di area banjir maka lakukan langkah tepat. Pertama, langsung matikan mesin untuk mencegah masuknya air ke kawasan mesin yang lebih dalam. Kemudian, lanjutkan dengan mengeringkan rem dengan menginjak pedal rem dan gas pelan secara bersamaan.

Lakukan pengereman dan gas tersebut sekitar 20 detik, diamkan beberapa detik dan ulangi lagi sampai kondisinya benar-benar sudah kering.

Bawa ke Bengkel Terpercaya

Kalau memungkinkan, ketika mobil sudah berada di area aman air tergenang maka usahakan untuk membawanya langsung ke bengkel terpercaya. Sehingga bisa dilakukan pengecekan kondisi mesin dan area lainnya, siapa tahu fluida yang masih sudah sangat banyak dan perlu servis untuk beberapa komponen.

Banyak bengkel dan dealer seperti yang disediakan toyotaastrido.co.id, dimana Anda bisa melakukan perbaikan mobil yang terkena dampak bencana akibat tingginya air di jalanan dengan lebih mudah dan hasilnya memuaskan.

Teknisinya juga sudah berpengalaman, jadi tak perlu khawatir soal kondisi Raize setelah servis. Asalkan semua trik di atas sudah dilakukan dengan maksimal.

Itulah deretan trik yang sudah banyak dipakai pengguna Raize, baik yang dibeli saat promo Raize maupun dibeli pada hari atau bulan normal tanpa promo. Intinya, semaksimal mungkin hindari kawasan banjir untuk mengurangi potensi kerusakan kendaraan tersebut.