Sudut Hati

Dari hati yang tulus untuk memberikan yang terbaik

5 Jenis Buah yang Cocok Dijadikan Puree Bayi 6 Bulan

Puree merupakan jenis bubur disaring yang cocok menjadi menu MPASI bayi usia 6 bulan pertama. Salah satu bahan makanan yang cocok dijadikan menu bubur kental untuk si kecil adalah buah-buahan. Anda bisa membuat bubur bayi dari satu buah atau campuran dua buah demi memberikan manfaat bubur bayi yang lebih optimal. Mengenalkan buah-buahan sejak dini bisa membantu anak adaptasi rasa dan tekstur makanan sehat mulai sekarang.

Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Bayi

Pada usia 6 bulan, bayi akan menunjukkan ketertarikan pada apa yang Anda makan setiap hari. Bila anak menunjukkan ketertarikan tersebut, termasuk masih lapar meski Anda sudah memberikan ASI, cobalah untuk mengenalkan tahapan MPASI 6 bulan pertama. Berikan puree atau bubur kental dari buah yang diblender dan disaring untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Berikut 5 jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi bayi usia 6 bulan yaitu :

1. Apel

Jenis buah yang cocok dijadikan puree adalah buah apel yang kaya kalsium, fosfor, kalium, magnesium, vitamin A, dan C yang baik untuk kesehatan anak. Pastikan Anda mengukus apel yang sudah dipotong kecil, kukus dan blender sampai halus sebelum disaring, ya!

2. Pisang

Anak bisa menikmati buah pisang setelah ia menginjak usia 6 bulan, bahkan ada yang kurang usia tersebut. Namun, angka ideal bayi mulai tahapan MPASI pertama adalah 6 bulan sehingga Anda bisa mencoba kenalkan buah pisang sebagai bubur pertama. Manfaat bubur buah pisang bisa membantu si kecil mengenal tekstur dan rasa, meningkatkan sistem pencernaan, sumber antioksidan, dan lain-lain.

3. Alpukat

Buah alpukat juga masuk dalam daftar menu yang aman dikonsumsi bayi pertama kali. Tinggal blender buah alpukat dan tambahkan ASI Anda ke dalam menu MPASI tersebut. Kandungan vitamin E pada alpukat bisa menjadi sumber antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun si kecil.

4. Pepaya

Ingin memberikan MPASI yang aman untuk sistem cerna anak, berikan saja buah pepaya yang diblender sampai halus. Kandungan asam folat, serat, vitamin A, C, dan E pada pepaya bisa mendukung kesehatan tubuh anak lebih baik, termasuk mengurangi risiko sembelit pada awal pengenalan MPASI 6 bulan.

5. Jambu biji

Jambu biji bisa diberikan pada bayi, asal Anda memastikan tidak ada biji yang masuk ke dalam menu bubur buah tersebut. Bersihkan biji di dalam buah jambu biji dengan benar, lalu haluskan daging jambu biji menggunakan blender dan saring untuk mendapatkan bubur kental kaya vitamin C ini.

Manfaat bubur buah bisa membantu si kecil memiliki sistem imun lebih baik dan bisa mencegah risiko penyakit. Gizi si kecil bisa terpenuhi dari bubur bayi asal diberikan dalam jumlah yang wajar sesuai perkembangan usia. Porsi ideal pengenalan MPASI pertama hanya 1-2 kali saja dengan beberapa sendok puree, kemudian Anda bisa meningkatkan porsi dan frekuensi seiring usia anak.