AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

44+ Kata Kata Mutiara Bijak Ali bin Abi Thalib RA Yang Indah

Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib : Sayidina Ali bin Abi Thalib adalah seseorang sahabat Nabi yang pertama yang memeluk agama Islam. Sayidina Ali bin Abi Thalib juga sahabat dan sepupu dari Nabi Muhammad SAW, hingga akhirnya Sayidina Ali bin Abi Thalib menikahi Siti Fatimah Al-Zahra putri Rasullah SAW yang sekaligus menjadikannya sebagai menantu Rasulullah SAW.

Sayidina Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah terakhir dalam era khulafaur rasyidin. Beliau juga turut serta membantu Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam. Sayidina Ali bin Abi Thalib juga dikenal sebagai sosok Sahabat Rosulullah SAW yang cerdas, karena ilmunya yang seluas samudera. Sehingga Rasulullah SAW mengakatakan, bahwa Ali bin Abi Thalib merupakan pintu untuk menuju ilmu yang sangat luas.

Kata kata bijak ali bin abi thalib, kata bijak ali bin abi thalib, Kata kata mutiara ali bin abi thalib,

Nah, berikut ini ada beberapa kata kata mutiara bijak sayidina Ali bin Abi Thalib RA yang indah yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang ditulis dari ucapan Sayidina Ali bin Abi Thalib sendiri.

Kata Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib RA.

1. "Lidah dari orang yang berakal terletak di belakang hatinya, sedangkan hati orang bodoh berada di belakang lidahnya."

2. "Sebuah ilmu itu lebih baik daripada sebuah harta, ilmu akan menjagamu dan kamu menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta itu terhukum. Harta akan berkurang saat dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah jika diamalkan."

3. "Di dunia ini ada dua jenis manusia yang tidak akan pernah merasa kenyang selama-lamanya, yaitu pencari ilmu dan pencari harta."

4. "Jangan pernah menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang mencintaimu tidak memerlukan itu dan orang yang membencimu tidak akan percaya itu."

5. "Barangsiapa yang memutuskan untuk melanggar batas kebenaran, maka pasti dirinya akan kehilangan arah."

6. "Di dunia ini sabar itu ada dua hal, yaitu sabar terhadap apa yang kamu benci, dan sabar terhadap apa yang kamu suka."

7. "Ingatlah, balas dendam yang terbaik adalah hanya dengan memperbaiki diri sendiri menjadi lebih baik dari sebelumnya."

8. "Memaafkan adalah sebuah kemenangan yang terbaik."

9. "Apabila kamu jatuh miskin, maka berdaganglah dengan Allah, yaitu dengan cara memperbanyak sedekah."

10. "Kesabaran itu ada dua macam, yaitu sabar atas sesuatu yang tidak kamu inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kamu inginkan."

Kata Kata Bijak Ali bin Abi Thalib RA.

11. "Hati manusia itu seperti binatang yang buas. Barangsiapa ingin menjinakkannya, maka akan diterkamnya."

12. "Hiburlah hatimu, siramlah ia dengan percikan hikmah sama halnya dengan fisik, terkadang hati juga merasakan letih."

13. "Tidak seharusnya seseorang itu merasa aman mengenai dua hal, yaitu kesehatan dan kekayaan."

14. "Yang terbaik diantara kalian adalah mereka yang memiliki akhlak yang mulia."

15. "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup ini, dan yang paling pahit adalah ketika aku berharap kepada manusia."

16. "Angin berhembus tidak untuk menggoyangkan batang pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya."

17. "Janganlah kamu mengucapkan perkataan yang kamu sendiri tidak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu."

18. "Lebih baik kamu mengalah sebagai orang yang adil daripada kamu memilih menang dalam keadaan sebagai orang yang zhalim."

19. "Kezhaliman akan terus ada bukan karena banyaknya orang-orang yang jahat, melainkan kezhaliman itu terjadi karena diamnya orang-orang baik."

20. "Kemarahan itu dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan."

Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib RA.

21. "Sisihkan gelombang-gelombang kerisauan dengan kekuatan kesabaran dan keyakinan."

22. "Menilai seseorang itu harus sesuai dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat, dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya."

23. "Jangan membenci siapapun, tidak peduli berapa banyak mereka bersalah kepadamu."

24. "Tetaplah berhubungan dengan orang-orang yang telah melupakanmu, dan ampuni orang yang bersalah kepadamu."

25. "Jangan sekali-kali menyebabkan keluargamu paling menderita karenamu."

26. "Jangan pernah berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kamu cintai."

27. "Teruslah untuk berfikir positif tidak peduli seberapa keras kehidupanmu."

28. "Adakalanya yang sedikit lebih berkah dan baik daripada yang banyak."

29. "Berikanlah banyak, meskipun kamu akan menerima sedikit."

30. "Orang yang tertinggal karena kurangnya amal tidak akan dapat menyusul dengan kemuliaan nasabnya."

Baca Juga:
 

Kata Bijak Ali bin Abi Thalib RA.

31. "Sebuah dosa yang paling berbahaya adalah dosa yang diremehkan oleh pelakunya."

32. "Berbahagialah untuk orang yang dapat menjadi tuan bagi dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya, dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya."

33. "Orang-orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan tiga hal, yaitu kepercayaan, cinta, dan rasa hormat."

34. "Setiap nafas seseorang adalah sebuah langkah untuk menuju ajalnya."

35. "Barangsiapa yang menyalakan api fitnah, maka dirinya sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya."

36. "Takutlah ketika kamu akan perbuatan dosa disaat sendirian, karena disaat itulah saksimu adalah juga hakimmu."

37. "Tidak baik untuk berdiam diri mengenai sesuatu yang diketahui dan tidak baik berbicara mengenai sesuatu yang tidak diketahui."

38. "Ikatlah sebuah ilmu pengetahuan dengan menulis."

39. "Hiduplah dengan rendah hati tidak peduli seberapa kekayaanmu."

40. "Sebuah ilmu tanpa akal ibarat seperti memiliki sepatu tanpa kaki dan akan tanpa ilmu ibarat seperti memiliki kaki tanpa memiliki sepatu."

41. "Tidak ada sebuah kekayaan yang lebih utama daripada akal, dan juga tidak ada sebuah kepapaan yang lebih menyedihkan daripada kebodohan."

42. "Tidak ada sebuah warisan yang lebih baik daripada pendidikan. Dan tidak ada pula pembantu yang lebih baik daripada musyawarah."

43. "Menimba sebuah ilmu pengetahuan itu penting sekali, belajar pun juga tidak pernah mengenal umur selagi kita ada kemauan untuk belajar, maka di situ akan terbukalah jalan."

44. "Jadilah orang yang dermawan, tetapi jangan menjadi pemboros. Jadila orang yang hidup dengan sederhana, tapi tidak menjadi orang yang kikir."

Artikel terkait:
Kita sebagai umatnya Rosulullah SAW harus mencontoh sikap dari Ali bin Abi Thalib dan apa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena Sayidina Ali bin Abi Thalib RA itu selain beliau juga adalah seorang muslim yang taat, dan beliau juga sebagai seorang muslim yang cerdas.

Nahh, itulah beberapa kata kata mutiara bijak Ali bin Abi Thalib RA yang bisa kalian baca pada artikel ini. Dan semoga artikel tentang kumpulan kata kata mutiara bijak sayidina Ali bin Abi Thalib RA ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi isnpirasi bagi kita selaku umatnya Rosulullah Nabi Muhammad SAW untuk menjadi manusia yang baik. Dan jika ada kesalahan penulisan atau infromasi mengenai beliau tolong berkomentar ya, terima kasih.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment