Beberapa Fakta Asyik Tentang Mulut dan Lidah

Apa kabar semua, brader ‘n sista? Akhir pekannya menyenangkan ya? Apalagi yang semalem nonton timnas Indonesia, pasti jingkrak-jingkrak, sampe lupa celana atau sarung melorot,..hahahahha. Tapi, saat ini saya nggak akan sharing tentang bola, timnas, AFF 2010, dan pernak perniknya. Udah banyak yang tahu, dan teman-teman lain udah banyak yang nulis. Sekarang saya akan sharing tentang pengetahuan ringan seputar mulut. Ya, mulut. Kita masing-masing punya kan? Ada yang nggak punya mulut? Ayo acung tangan!!!

Siapa yang nggak tahu mulut coba? Pasti semua juga udah tahu bahwa selain tugas utamanya sebagai anggota tubuh pertama dalam system pencernaan, mulut kita memerankan peranan sangat penting dalam berkomunikasi. Sementara itu, salah satu fungsi mulut selain dalam pencernaan adalah fungsi social serta aktifitas seksual, seperti kissing alias berciuman…aw aw aw…ada yang mulai gelisah nih sepertinya membaca…hehehehe…. Baiklah, berikut ini ada beberapa fakta menarik yang mungkin bagi beberapa dari kita sudah mengetahuinya, namun banyak yang baru tahu bahkan belum mengetahuinya, termasuk saya tuh….

a)      Orang yang mulutnya memiliki langit-langit sempit kecenderungannya bakal ngorok/mendengkur. Ini karena lebih sedikitnya udara yang keluar lewat hidung mereka. (Yang udah punya pasangan silahkan di periksa kembali, siap-siaplah dengan penutup telinga jika pas tidur berdua)

b)      85% manusia bisa membentuk bulat lonjong lidah mereka, tentu saja beberapa bentuk lainnya donkkk…(Dulunya pasti ada yang kepikiran; cewek-cewek yang udah mahir latihan seperti dalam film-film ‘dewasa’ yang bisa ginian. Hahaaha. Maka dari itupun, saya tidak heran lagi sekarang banyak yang berfoto pakai melet-melet segala! Emang suka banget ya mainin lidah? )

c)       Saat berciuman (French kiss nih) kita bisa mendapatkan 256 koloni bacteria dari pasangan kita. Kenapa? Karena hampir 50% bacteria mulut hidup di permukaan lidah kita. (Nah, lho…hayooo…terusin gak tuh French Kiss nya? Hahahaha…)

d)      JIka mulut dan lidah kita kering, maka kita nggak bakalan bisa membedakan rasa. (makanya, banyakin tuh minum, atau paling tidak sering-seringlah mainin mulut dan lidah, eh salah, basahin mulut dan lidah…*_*)

e)      Indera perasa adalah indera paling lemah dari 5 atau panca indera kita.

f)       Indera perasa kita akan kacau balau (taste disorder) disebabkan beberapa hal seperti; mengkonsumsi obat, merokok, kekurangan vitamin, luka di kepala, tumor otak, radiasi dan bahan kimia.

g)      Perhatikan, anda kidal (left-handed) atau normal kanan (right-handed). Jika kidal, anda akan cenderung mengunyah makanan di sebelah kiri, begitu pula sebaliknya.

h)      Kalo ada sidik jari, ternyata ada juga sidik lidah. Artinya anda bisa dikenalin dari lidah anda. (Saya lagi bayangin kalo nanti di kantor polisi bukan lagi pake sidik jari, tapi pake sidik lidah, gimana stempelnya? huhahaha…)

i)        Otot paling kuat pada tubuh manusia adalah lidah (tergantung pada ukurannya). Lidah adalah satu-satunya otot dalam tubuh yang terhubung/menempel pada satu sisi. (Otot lain ada nggak ya? *_*).  Kita membutuhkan 72 otot untuk berbicara.

j)        Ada sekitar 9.000 taste buds (penerima rasa) di permukaan lidah, tenggorokan, serta langit-langit mulut. Taste bud ini mengandung chemoreceptor yang berfungsi bereaksi terhadap bahan-bahan kimia dari makanan dan lainnya yang sudah dihancurkan oleh air liur/ludah. Rata-rata taste bud ini bertahan hingga 10 hari. Nah, secara umum, wanita itu memiliki lebih banyak taste bud dibandingkan pria. Jadi jangan heran lagi kalo lihat wanita pada suka ‘ngamuk’ makannya..hihihiih

k)      Manusia memproduksi sekitar 37.854 liter saliva/air liur. Saliva ini dibutuhkan untuk merasakan. Kalo saliva belum menghancurkan suatu makanan, maka kita nggak bakalan bisa merasakannya. Nah, berapa banyakkah saliva/air liur yang kita produksi tiap hari? Jawabnya: 1,5 liter tiap hari!!! (Wadaooooo…..busyet dach, 1,5 liter. Bisa buat apa aja tuh ya? Nyiram bunga, Hihihiiihi…)

Ok dech, itu dulu sharingnya untuk kali ini. Semoga bermanfaat yach. Segala sesuatu kan emang ada resikonya, tinggal bagaiamana kita menyikapinya, (atau mensiasatinya???). Salam, brader ‘n sista, MOHON COMMENTnya, PLEASEEEEE…..*_*. Tenkiyuuuuu….

About suduthati

Yang Ini Juga Menarik, Silahkan Dinikmati